Friday, June 20, 2008

Ingat-ingat 92

Pertama kali gue masuk 92. . .

Kesan pertama, “asik, gue gak bakalan capek2 lagi naek tangga”
Kesan kedua, “ asik, deket ama UKS, BT tinggal pura2 mati”
Kesan ketiga, setelah diamati lebih jauh “anjing, gue gak kenal ama anak-anaknya!”

Begitulah, gue cuma kenal ama tmen kelas 7 gue, Yogi, Asti, Ega, ama yg di 83, Lutfi, Nena, Puped. Yang laennya gue masih kaku bgt. Buat bilang “hai, nama saya bangkit”, takut dicuekin.

Waktu itu semua masih beda dari yg sekarang (kalo ada anak 92 yg baca lalu inget),

Oji masih pendieeem bgt
Rizki blum sekocak sekarang
Blum ada tuh yg namanya bentoel
Blum ada yang kenal Tiens
Waktu itu Aldy rambutnya masih rada panjang
Blum ada Alliq tuh
Ketua kelas masi si Syarif cadel
Wali Kelasnya masih Bu Ida
Yogi masi Putihan (wkkkk)
dsb

Waktu gue masuk situ, hari senen, gue inget banget gue duduk ama Lutfi, di depannya ada Dani ble’e, ama si Adrian lemot. Dan gue duduk bangku kedua dari depan, pojok, disitu temboknya keropos, kecil sih, palingan segede bungkus rokok. Jiwa jahat gue pun ngomporin gue, alhasil, seminggu itu gue gerogotin tu tembok ampe keropos makin gede, nganga segede panci. Bukti otentik masi ada di pinggir tembok.

Hehehe gak penting juga, hal berikutnya dari seminggu perkenalan itu adalah pasangan ganjil yg ada di depan gue. Dani yang peliiiiit bgt + Adrian yg rada idiot gtu, pasangan ajaib.
Lalu, hal2 kocak pun mulai bermunculan, awalnya gue lagi ngobrol2. Heboh banget,

Gue : wakakakakakak (srooot-narik ingus)
Lutpi : kikikikikik (ketawa sambil merem, lutfi banget)
Adrian : ah, brengsek lo smua. . . (merengkel)
Dani : hahahaha! (sumpah, ktawanya dani tuh lebar)

Gue : oiya, gue baru ingeeee . . .. CROOOOT!!!!

Akhirnya tu waduk jebol, idung gue yg ngak kuat menampung ingus yg segitu banyaknya dari tadi gue tarik-tarik jebol. Sumpah, anak2 sekitar situ langsung pada Ilfill sambil ketawa2, gimana enggak, bejibun gitu. Tapi beberapa menit kmudian, kita bcanda2 lagi.

Tapi itulah awalnya gue tau kelas ini asik.

Lanjut, beberapa hari kmudian, waktu kursi mulai di rolling (pindah tmpat duduk, bukan diputer2 ). Nah, inilah waktu2 kelahiran Bentoel. Siapa bapaknya, siapa ibunya gue gak tau. Semua ngakak, waktu Lutfi ngelawakin tentang polisi tidur. Semua sakit perut, waktu jeri ngelawakin lawakan tentang kerjaan ngebolongin donat. Nyaris gak ada cowok yg belajar serius hari ntu.
Persmian bentoel waktu itu orisinil banget dah, bukan pake potong pita ato ngocok bir, tapi OPER-OPERAN MINUM SUSU!! Yang sebelumnya tuh susu di toel dulu ama para personilnya, susu (nama produk disamarkan), pasrah aja digrepe-grepe personil bentoel.
Unik memang.


Blum lagi waktu 92 rebut2an OHP ama Bu *********. Ehm, demi menjaga kerukunan dan kenyamanan, kita gunakan nama samaran ‘Al-Baqarah’.
Parah emang,
Kalo ampe nilai IPS kita kurang, gue tau sapa yg musti disalahin.

Tapi ni guru emg ngeselin bgt. Minjem OHP tapi gak mo balikin, sekalinya balikin marah2. Mo gak mau kita ambil langkah tegas (gelo), Indonesia mau aja dijajah 350 thun ama kompeni kurang makan, tapi 92 gak mao tu OHP dijajah sapi betina. Maka, gue dan yang lain bak pasukan Peta, ngambil OHP punya 93 buat ditukerin ama OHP kita ndiri. Dan. . .

waktu minta tukeran yang ada malah dibentak2.

Mana waktu dibentak2 gtu, pasukan pada mundur, ketawa dari belakang, bodo bgt. Cuma gue ama OHP bisu di garis depan. Bagus bgt. Bu Al-Baqarah dengan pasukannya anak 91 pada nyemangatin dia, seraya berseru, “allahuakbar!” “Allahuakbar!!” ni rebutan OHP ato perang gajah?
Horor pokoknya.


Selain itu, gue masih inget banget waktu Porseni tahun kmaren.
Semi Final futsal, perebutan juara 3. yg gak gue lupa tuh Awang yg tendangannya nyongkel. Tadinya gue pikir gak bakalan masuk. Awang celingak-celinguk sebelum nendang, dan ternyata

Masuk.

Keren abis. Semua tereak2, kaget dan kagum, riang dan gembira. Hampir seluruh sekolah dominan nonton perebutan juara 3 sementara perebutan 2 dan 1 msi kalah pendukungnya. Gue yg gak demen bola, (kecuali bola bekel) sampe ikut2an teriak2. kelas sendiri gitu lho!
92 juara 3 Futsal. Yeaah.
Gegap gepita kelas kedengeran bgt, Luki ama yang laen bangga abis walopun cuma ngerayain pake Aqua. Ramenya itu udah kayak ada pasar togel. Ribut banget.


Tapi,
Kamar mandi jadi bau banget gra2 keringet anak2 futsal

Waktu ganti wali kelas . . . .

Wali kelas pertama kita Bu Ida, pake kacamata, rambut agak keriting, batak mungkin. Tapi dengan alasan2 tertentu beliau diganti oleh pak Ade Soleh. Padahal udah pewe bgt tuh. Asli orangnya baek gtu. Walopun labelnya guru BK, yg mitosnya doyan nyiksa murid, tpi gak gitu tuh.
Waktu pertama kali pak Ade masuk kelas, suasanya ngeBT-in banget. Serasa ada hawa-hawa jahat dikelas yg berniat ngusir pak Ade. Gue juga gak gitu suka ama sikap pak Ade wktu itu. Beliau tu ngomong seakan dirinya penting sendiri, dan bla-bla-bla-bla. Gue anggep aja Pak Ade itu guru Pantonim. Abis panjag banget ngomongnya.
Atas dasar itu 92 bikin surat pernytaan yg ngelibatin tanda tangan sluruh kelas, dan GAK DIGUBRIS guru2. Bagus.
Apapun alasannya, wali kelas tetp diganti. Mau lo guling-gulingan kek, nangis darah kek, makan beling kek. Itu yg ada.
BT+Jadi gak napsu sekolah, itu yang gue rasain. Dikit-dikit nguap gara2 bosen, uda kayak orang banyakan pake heroin. Tapi waktu seminggu pak Ade jadi wali kelas, Alamak! Gue tercengang banget—sumpah kaget, waktu liat kelas beneran ginclong. Trus Jeri ngomong ‘ yang bersihin pak Ade nih’.
Sejak saat itu pandangan gue berubah. Gitu juga yang laen. Ternyata Pak Ade gak berhenti sampe situ, dia bantu murid2nya dalam masalah nilai, gak peduli capek dan gak sebodo teuing ama hal tsb. Salut deh gue, berkat beliau, nilai gue terselamatkan. Huhuhu,

Asiknya nilai dibantuin.

Oya, pernah waktu itu Pak Ade masuk waktu 92 lagi Mid-Semester. Bajunya unik. Dari atas sampe bawah ijo muda, coba rambutnya dicat ijo juga. Jadilah timun bantet. Hehehe, (maaf bgt pak ade, saya hanya bercanda). Dan temen gue yg seruangan waktu itu bilang “wah, guru PLKJ banget nih, Penghijauan”

Peringkat 3, kyaaa!!!!
Mid-Semester, nyusain bgt. Waktu buat yg rajin giat-giatnya belajar. Waktu buat yg males giat-giatnya nyontek. Waktu buat yang pasrah giat-giatnya Tawakal. 92 sama aja, tapi hasilnya lebih baik, Peringkat 3!!
Waktu Bu Edeh, masuk. Gimana nyambungnya tapi anak-anak bilang, “peringkat 3 nih bu!!!”,

Dan Bu Edeh nyautin.

“Yah, namanya juga kelas Internasional”

Walaupun ada yang bilang ‘nilainya cuma beda nol koma doang’, yang namanya menang, mo beda 0,1 atau 100, kami tetap lebih unggul.

hal lainnya . . .
Waktu itu ada Upacara bendera, gokil abis.
Sebenernya, yang bikin lama nongkrong di lapangan adalah pidato dari guru.
“ jadi bapak nggak akan berlama-lama...” begitulah biasanya yang terucap. Lalu Upacara baru selesai setengah jam kemudian.
Tapi ini beda, pak Ade Riswanto yang berpidato. Gue tau ini bakal lucu. Tapi ternyata hasilnya bikin semua orang kaget.
“jadi kalian tahu, yang dimaksud pendidikan adalah untuk memanusiakan manusia.”
Untuk sementara gue masih mencerna arti kata-katanya. Masa memanusiakan hewan?
“ lalu, banggalah kalian karena mau dididik untuk menjadi manusia dengan bahasa biasa manusia.”
Sumpah. Aneh.
“ jadi cukup jelas maksudnya kan?”
Gak ada yang jawab. Wong gak ada yang ngerti barang satu kalimat aja.
“nah, karena cukup jelas. Terima kasih, Assalamualaikum Wr. Wb”
SMP N 216 Membisu.
Celingak-celinguk manusia yang dilapangan.
Lalu tepuk tangan langsung membahana. Gila! Rekor baru pidato tersingkat! (ato pidato gak niat?) sebodo-bodonya dah.



More Other Things. . .


emm, ada yg bisa ngingetin gue??
Komen aja.



Jadi . . .
92 emang asik. Banyak hal baru tiap harinya buat diketawain, dipelajari atau dikenang. Dan setelah gue kenal Oji dan lawak-lawakannya, Idwan ama jayus2nya, cewek2 yang gak kalah heboh tentang bola, Aldy ama pasar taruhannya, Yogi dan kulit/dakinya dan hal lainnya dalam daftar panjang yg susah disebutin. Gue tau, nantinya gue bakal kangen ama ni kelas.




PS : buat oji dll, kalo baca blog ini, kata ‘bgt’nya diganti jadi ‘aje’. He3x = )

No comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design