Monday, June 23, 2008

Jalan-jalan ke Bogor. Cuma buat makan???

Jadi inget lagunya Ebiet. G. Ade

Perjalanan ini . . . .
Terasa sangat menyedihkan. . .
Sayangkan kau tak duduk, disampingku kawan . . .

Nista deh lagu gituan. Tapi waktu kemaren gue melakukan perjalanan bareng keluarga, gue ngerasain kenistaan tu penyanyi.

Jadi setelah nilai gue dipastikan lumayan dan gak salah tulis, kita sekeluarga jalan2 buat makan. Dimana? Tanya Galileo.

Di Bogor. Galileo aja sampe nganga. Gue juga heran, ngapain juga jauh2 buat nyari makan. Restoran padang juga banyak disini. Mo yang lebih elit? Pecel lele. Trus jalan2 ini dadakan (lagi2), jam 5 sore, berangkat ke Bogor. Cuma buat makan??

Perut gue sengaja gue kosongin. Biar nanti gue bales dendam disana. Teorinya, kalo perjalanan jauh tuh jangan makan banyak-banyak, biar gak mual. Dan gue gak makan sama sekali. Gue pikir, kalo cuman dikit, perjalanan anak jadi enak (kayak iklan Antimo), apalagi kalo kosong? Pasti mantap!

Salah. Gue malah mual, tiap kilometer makin mual, masuk ke daerah bogor jadi pusing, mana isi mobil bising banget ada 3 orang yg ngoceh. Gue tiduran di belakang, ngeliatin langit2 mobil. Warna krem, temennya coklat, jadi inget yg di WC. . .

Gue langsung ganti posisi jadi duduk. Gue pengen langsung muntah waktu itu. Trus gue tahan. Gue ngeliatin jendela, sepanjang jalan Pohon—pohon—pohon—pohon—pohon sampe mata gue muter2, tau2 di ujung deretan pohon itu ada WC panggung berderet 3 buah.

Tambah pengen muntah. Tapi gue inget ini mobil bokap, dan kita lgi di jalan tol, kan parah banget kalo dlempar dari mobil pada kecepatan 85 km/jam. Bisa borok sana-sini kan. Sepanjang jalan remang2. menjelang malam. Gak ada pemandangan bagus. Waktu nyokap bilang “waah, kebun teh!” yang gue liat cuma undakan2 gelap yg serem nunggu kena longsor. Trus ade gue bilang “ ih, sawah!”, disana tampak bagi gue kotak2 yg ada bintik2 gak jelas gitu. Kok bisa2nya pada kagum liat dalem gelap gitu y? apa mereka punya gen burung hantu?

Masuk ke pedalaman bogor. Udah gelap banget, udah sekitar jam 8 lewat. Bagus, gue jadi gak nonton Extravaganza, dan kita baru setengah jalan. Dan di gerbang masuk Bogor yaoloh macetnya.

Yang paling buruk babak pertama disini, di jalan naek gunung. Waktu lagi nyalain lagu Be Gees, lagu jadul taon 80’an, bokap gue bilang “jadi inget masa muda nih”. Nyokap gue ketawa, gue membatin, “masa muda apaan?”. Sejenak gue inget dongeng nyokap gue waktu gue masih balita-balita gampang dikibulin (ampe skrg jg gmpang), alkisah bhwa bokap dulu tuh banyak aktivitas gajelas, mancing lah, jalan2 lah sampe jadi pasukan keamanan waktu Pasca reformasi, dgn kata lain : Siskamling. Tapi gue lupa kalo bokap suka jalan2nya naek mobil.

Gue nyesel ngebatin kayak gitu. Gak lama mobil jadi tambah kenceng, seakan lgi balapan, bokap serius bgt ngebutnya. Gue pengen teriak “ PAAAK NYEBUUUT PAAAAK!!!!”, tapi takut bokap malah tambah kenceng. Dengerin lagu kayak gini aja jadi kalap gitu, apalagi gue kasih lagu metal, terbang kali tu mobil. Hhe.

Parah. Gue dibelakang pegangan sambil baca komik. Tambah mual. Di depan pada ketawa2, gak tau Grimm Reaper udah nyengir2 gitu. Tinggal gue kagetin bokap dari belakang, habislah sudah. Nyokap nepuk2 bahu bokap terus2an sambil ketawa, gak sadar bahaya yang mengancam seluruh keluarga. Gue ngerasa lagi di pilem Speed Racer, bokap ngebalap mobil satu per satu, gak tanggung2 nyalip lewat bahu jalan. Fenomena pendramatisir gue kambuh, gue ngerasa nantinya mobil bokap bakal senggol2an ama mobil laen sampe ngeluarin percikan2 api gitu, disusul ama baku hantam balok, gak lama ada baku tembak, terakhir semua jatoh ke jurang.

Balik ke bumi. Gue langsung baca2 doa. Kecepatan tertinggi mobil 60-80. Serem asli. Mendingan naek bianglala di Dufan.

“Ini kelewatan, gak bisa didiemin, gue masih punya masa depan, gue mau masuk 68, gue mo kawin” batin gue. Gue bisa aja lompat dan terjun pake parasit, dan gue inget ini bukan pesawat, gak ada parasit, adanya jok mobil. Jadi gue pasrah aja, dan ternyata doa gue dikabulkan, mobil kembali tenang, dan kita sampe di tujuan.

Restoran Rindu Alam, terletak di . . . . . , gak tau deh gue, udah gelap banget soalnya, jadi gue gak tau ada dimana. Tapi sekitar situ masih rame aja, tempat parkir juga nyaris penuh. Lampu2 masih pada nyala. Tempatnya sih keliatan nyaman, ada beberapa pedagang disana. Di seberang jalan ada beberapa penawar Villa yg bwa2 papan bertuliskan “Villa”, para penjaga yg udah males pada ngegantungin tu papan di pohon. Jadilah rumah pohon Leo. Wkkkk

Waktu turun dari mobil, asu dingin banget. Dinginnya ke tulang-tulang, menusuk ke dalam raga, menjamah sekujur tumbuh hingga gak lama gue bersin. Kapok gue gak bawa jaket.

Waktunya makan. Itadakimatsu!!! Gue pesen sate kambing, nambah mie bakso, sedikit bistik n spiring Ikan bakar. Asoi banget. Buat yang lagi baca tengah malem. Sukurin lo. Wkkkk,

Makananya enaaak bgt, apalagi mocca nya, dingin jadi ilang. Pemandangannya juga asik tenan, dari situ kita bisa liat jalan setapak dan jalan raya yg luas. Tempat makan outdoor gitu. Yg bawa makanan jg gak pake baki, tapi pke troll, jadi langsung smua dan gak nunggu2.

30 menit makan, 5 menit kemudian ngantuk. Oke, kita pulang. Waktu mo balik nyokap ditawarin barang2 ama pedagang situ, dia jual Samurai, penggaruk punggung, dsb, sekilas kayak tukang loak, gue mo nanya takut dibacok samurai.

Nyokap gue pinter aja, waktu ditawarin Penggaruk punggung dia minta yang jelas nggak dijual disitu. “duuh, ada yang motifnya bunga2 nggak bang? Kalo ada saya mau banget tuh beli…”
Trus waktu abangnya nunjukin yg ada bunganya kta nyokap gue, “bukaaan, bentuknya melebar gitu, bagus deeh. . .”
Abang2 itu gue yakin bingung. Ni mo beli garukan punggung ato taplak meja? Emang dasarnya nyokap gak niat beli kok. Hehe

Perjalanan turun pokoknya lebih buruk dari sebelumnya. Bokap ngebut2 lagi, udalah pasrah aja gue, diem dibelakang dan ngeliatin langit bogor. Yang mana ternyata sama aja kyak Jakarta, tanpa bintang.

Gue jadi ngerasa tu lagu Ebiet G. Ade pas kalo gue yang nyanyi,

Perjalanan ini. . .
Terasa sangat mengerikan. . .
Sayangkan ku tak duduk, di depan komputer. . .

Dibalik semua itu, gue ngerasa seneng juga ngumpul 7 jam bareng keluarga.

No comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design