Wednesday, June 25, 2008

Keren


Temen gue nanya ke gue “gue keren gak sih?”. Rupanya dia nanya ama orang yang salah.
Apa sih arti keren sebenarnya?
Keren, K-E-R-E-N

Gue sering liat di lapangan olahraga, ato di jalan2 gitu. Ada orang2 yang gayanya oke punya, ato mempertunjukan keahlian mereka(maen bakiak), sehingga gak jarang orang2 pada bilang “ keren banget. . .” sambil nganga ato ngelamun. Sementara gue dengan idiotnya ngeliatin dan berfikir, ‘apa sih bagusnya jeans yang bolong2 itu?’
Banyak yang bilang, orang keren tuh org yang biasa masuk tipi, gayanya ditiru dimana-mana dan jadi simbol selama berminggu-minggu sebelum akhirnya datang orang keren yang baru. Dari yang unik sampe yang klimis. Tapi bagi gue, orang keren bukan orang yang pake capucon item, muka pucet dan menggumam sendiri di tengah jalan “Punk not Dead, Punk not dead, Punk not dead”. Buat gue, org keren adalah orang yang bisa gue jadiin contoh, panutan, ato jadi motivasi gue.
Ada yang bilang, orang bisa maen gitar itu keren. Untuk hal ini gue rada kurang setuju, karena maen gitar butuh latian dan ketekunan, lah gue? Paling banter maen suling ato pianika. Itu juga setengah bengek nguasainnya. Untuk masalah tekun-menekun, gue spesial tekun ngelunjak dan tekun dimarahin ortu. Ada juga yang bilang cowok tuh wajib maen gitar. Gue jadi bertanya2, Sejak kapan ada hadis yang menyatakan “Wahai kaum muslim, bermainlah gitar, kalo tidak aku akan siapkan neraka untukmu.”
Kan parah banget. Apalagi kalo ada orang buntung. Gimana caranya coba dia maen gitar, kalopun dia ngotot pake lidah, ada juga 2 minggu kemudian itu orang ngomongnya jadi cadel gara2 lidahnya udah tinggal separo.
Teori lain bilang, orang keren adalah orang yang fashionable, pakaiannya gak ketinggalan jaman, gak cuma daleman dan kaos cebanan. Mungkin ini benar, itu terserah lo, tapi gue naro respek ama jeri, dia pake sandal hotel kemana-mana, ngancurin bener teori orang keren harus Fashionable. Gue sendiri lebih suka pake sepatu sandal, celana kedodoran ato kaos biasa. Belakangan ini gue baru nyadar bahwa yang gue pake itu adalah pakaian itu-itu aja. Kemana2 gue pake, celana ¾ bertuliskan illusion of the dragon, kaos billabong, dan sepatu sandal home me pad. Ampe diketawain gue, gak heran kalo nantinya setiap hari gue bakalan pake kutangan, sarung ama peci kemana2. Sementara istri gue beliin baju yang sama tiap bulannya sebanyak 2 lusin. (amin kalo punya istri).
Gak ketinggalan juga orang bilang “gak bisa naek motor? Cupu lo!”. Nyebelin banget orang2 kayak gini, mudah2an aja seret jodoh. Untuk gue, buat apa naek motor kalo udah disediain angkutan umum ato bisa naek sepeda? Sepeda sehat, ngurangin polusi lagi. Seperti kata Idwan “gue mungkin gak punya temen disini, tapi gue berteman dengan Ozon, karena gue naek sepeda.” Sambil nyengir kuda gak jelas. Nyengirnya mirip penjual iklan kondom. Tapi gue acungin jempol buat dia. Setuju berat. Apalagi gue gak perlu kenalan ama jenis2 bensin dan harga2nya yg bisa bikin gue kurus.
Di kelas gue banyak cewek yang suka nyanyi2 lagu baru, begitu masuk chart, ato keliatan di tivi, cewek di kelas jadi satu suara nyanyi2 gitu. Sementara gue biasanya baru tau lagu tersebut kalo udah jadi jingle iklan di tipi. Sebage contoh, Lagu yang dijadiin jinglenya motor Beat apalah gitu. Dari kapan tau udah sering dinyanyiin Asti ato Satrah. Sementara waktu itu gue masih menggumamin lagu sendirian gak jelas di pojokan,
Yesterday. . . All my trouble seems so far away. . .
Jadul abis.
Kalo ada orang yang ngasih liat nilai Mat ato IPA yang nilainya lebih tinggi dari gue(60>), gue bisa bilang “Keren lo!”, kemudian gue bakalan berusaha buat ngelewatin tu orang karena bagi gue org itu keren.
Definisi keren itu dijawab oleh kita sendiri, apa yang kita suka, apa yang sejalan ama kita, ato apa yang sesuai selera kita adalah keren versi kita. Hanya saja ada simbol yang gak keliatan yang ngatur keren--enggaknya seseorang di masyarakat. Namun gue merasa cukup keren bisa nge-net , pake baju suka2, gak dateng ke konser, rambut klimis, ato ngupil di sembarang tempat. Kalo kita bisa ngelepas simbol tersebut, kita bisa liat bahwa tiap orang itu keren karena mereka unik.
Keep being cool! :)

No comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design