Friday, July 4, 2008

Halo, Nama saya Bangkit

Do you know who I am ?
I’m spiderman.

Itu kata si Peter Parkir. Trus penonton pada terpukau ngedengernya.
Kalo gue,
Do you know who I am?
I’m Jejaka Petir.

Post gue kali ini diminta ama Nadia. Org yg melawan hukum “tumbuh tuh ke atas, gak kesamping”. Ehm. Dia baik kok. Banget. Asal gak lo timpuk bangku aja.

Lanjut,

Banyak orang yang ketawa denger nama gue untuk pertama kalinya. Ato ada yang gak percaya. Bahkan kaget, mungkin dipikirnya gue ini adalah Omen kedua. Padahal banyak juga orang yang namanya aneh-aneh. Artis aja ada yang namain anaknya “Anak lelaki Hud”. Trus temen bokap gue namain anak abis dia nonton film film laga, nama jagoannya. Untung dia gak abis nonton Dakocan.

Nama gue Bangkit Mandela.

Tau Mandela kan? Presiden Afrika Selatan. Nelson Mandela. Orang yang ngebebasin kulit hitam (Yogi, dkk) dari politik Apartheid. Bokap gue ngeidolain banget.
Waktu gue tau masalah arti nama ini, gue langsung protes. Marah. Seperti kata Dedy mizwar, “Bangkit itu MARAH! MARAH karena namanya Bangkit!”. Ehehe,

Kenapa gak pake nama Sukarno aja sih? Yang deket-deket sini. Yang masih asli cinta tanah air?. Bokap menjawab dengan enteng,
“Nggak ah, Sukarno doyan Kawin. Istrinya banyak.”
Untung bokap gue gak bilang, “Masih untung dinamain gitu. coba kamu bapak kasih nama, ‘Calon dijual’ “.

Jadilah gue bernama belakang seperti itu. Sesuai dengan namanya, gue item. Gak diragukan lagi. Maunya kulit sawo mateng jadinya kulit sawo busuk. Trus juga setiap kali gue naik kelas dari kelas 7,8,9 pasti ada guru sok tau yang waktu pertama kali ketemu muka panci gue, ngabsen nama gue dengan rada gak percaya, baca nama gue sampe dua kali. Abis ngabsen gue trus manggil ke depan, lalu nanya-nanya dengan sotoy, “kau itu orang Batak ya?” ato nggak ada temen baru yang nanya-nanya dengan keingintahuan yang besar, “Kakek lo orang Afrika ya?”

Kodok.

Tahukah kamu?
Bokap gue dapat ilham namain gue Mandela waktu nonton Spontan Uhuy.

Nama depan gue Bangkit. Diambil dari, ehm. . . mending gue certain dari awal.

Pada zaman dahulu hiduplah bokap gue. Lima tahun setelah perkawinannya, dia ditimpa musibah dengan lahirnya seorang anak yg matanya suka juling. Karena bingung mau ngasih nama apa, sementara anaknya telah lahir. Ia mencari petunjuk ketika bekerja. Tiba-tiba datanglah secercah cahaya yang menyinari nama bengkelnya.

BENGKEL BANGKIT
Terima Las, tambal ban dan ketok magic.
(ehm, bengkel bokap aslinya gak pake tulisan baris kedua)

Dan lo tau lanjutannya. Happy famili deh.
Jangan salah, bengkel bokap gue tuh maju. Gede. dia punya anak buah dan nyaris buka cabang. Tapi sayangnya gak diterusin sampe sekarang. Dia ngasih nama juga gak asal-asalan, dengan landasan agar gue gak cengeng.
Nyatanya cerita nyokap waktu kecil gue cengeng abis. Gak ditete’in nangis. Gak bisa tidur nangis. Kalah berantem ama cewek, nangis. hehe
Gue bersyukur banget bengkel itu bukan bernama “Subur Makmur”.

Pernah, nama gue mau diganti karena gue sering sakit-sakitan waktu masih kecil. Kata orang sih gue keberatan nama. Yes, dalam hati gue. Gue terbebas dari belenggu hidup bernama Bangkit. Tapi waktu liat calon namanya gue jadi ogah-ogahan. Gue dikasih list nama, gak penting banget soalnya dibikin dari usul tetangga yg katanya org pinter.
Budi, Bayu, Bejo, Bilal, dll. Depannya B semua. Tuh kan parah banget. Untung gak ada nama Bau ato Bejat. Gue gak tau bokap bercanda ato nggak. Tapi gue ngerasa gimanaaa gitu punya nama “Bejo Mandela”.

Dengan itu gue ngerasa bahwa nama Bangkit itu udah satu set ama Mandela. Gagah kedengerannya. Mantap rasanya. Rencana perubahan nama pun dibatalkan. Tidak ada korban jiwa untuk saat ini.
Gue blum tau apakah ganti nama itu bener-bener berkhasiat nyembuhin penyakit?
Tapi Pak Gesang yang nama aslinya Sutardi masih idup sampe sekarang lho.

Jadi apa hubungannya antara Bangkit dan Mandela? Andalah yang menentukan.
Kesimpulannya, gue bangga ama nama gue. Menurut gue itu nama yang bagus dan moga2 gue jadi apa yg diimpiin bokap. Asal bokap gak mimpi gue jadi pemulung.


No comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design