Tuesday, April 28, 2009

Rubik's Cube

Halo
Sekarang gue pengen berbagi pengalaman gue yang seminggu libur kemarin,walopun hampir gak ada event yang bisa gue bagi, setidaknya ada satu kegiatan gue yang mungkin masuk ke dalam kategori "cukup menarik".

Jadi, selama liburan ini, gue terbius oleh Rubik’s Cube.


















About me

RUBIK'S CUBE adalah sebuah teka-teki mekanik ditemukan pada 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria Ernő Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik terdiri dari 26 kubus kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika teka-teki ini terpecahkan setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.

Kubus ini dibuat kembali pada 1980 dan dipasarkan di dunia Barat pada Mei. Dan dikatakan merupakan mainan paling banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik dan imitasinya terjual.

Rekor tercepat dalam menyelesaikan Kubus Rubik (Rekor Indonesia) berhasil dicetak pada acara HUT MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) pada tanggal 31 Januari 2007 di Hotel Grand Candi, Semarang. Catatan waktu yang dibukukan adalah 19,33 detik atas nama Abel Brata Susilo

Rubiks cube 3x3x3 (yang biasa dijual abang-abang) dan sodara2nya



































































gimana ceritanya hingga gue bertemu pandang dengan benda ini?

Semua berawal ketika gue, Dede, dan Ismail, Fahmi, dan Syukron datang ke rumah Andra. Silaturahim sekaligus numpang ngisi perut. Menjelang siang, gue tertarik dengan salah satu mainannya Andra, yaitu Rubick’s cube sendiri, padahal banyak maenan lain disana seperti Barbie dan congklak (ehm, boong kok).

Awalnya iseng, lama-lama penasaran, lama-lama pengen ngebanting juga, frustasi, tapi gue gak putus asa, walopun gak henti2nya gue menggumam "kotak setan!". Sementara yang lainnya sibuk dengan komputernya, seperti dede dan Ismail, sibuk dengan gitarnya seperti Fahmi, sibuk dengan PSP dan es jeruk seperti syukron, gue sibuk dengan mainan ini.

Hingga jumlah kami menyusut tinggal 4 ekor termasuk andra, gue masih setia mencoba menyelesaikan permainan ini. Sampe akhirnya kedua temen gue tergerak hatinya untuk memastikan bahwa gue masih di bumi, semua rasa penasaran mendorong kami untuk melakukan pencarian tentang rubik's cube.

Setelah kenal dengan si kotak warna-warni, kenal pembuatnya yang kami pikir mukanya seperti cube, dan waktu kelahirannya, kami tertarik. Jadi Rubicks tersebut gue bawa pulang untuk gue coba selesaikan. Di rumah, gue bagaikan simpanse yang tengah di tes IQ-nya dengan rubiks, muter-muter gak karuan, mencoba menemukan gambar miyabi diantara warna-warna tersebut. 2 hari kemudian, bagai menemukan Oase di tengah gurun, gue menemukan pencerahannya, sebuah video “how to solve a rubiks cube” di you tube.

Ganteng banget, seharusnya You Tube yang jadi saluran masa depan, bukan space toon.

Hari itu, gue berhasil menyelesaikan Cube pertama gue (samar2 terdengar musik “we are the champion’ dari kejauhan). Dan untuk seterusnya, gue cukup lancar, waktu tercepat gue menyelesaikan sebuah cube adalah 3 menit 42 detik. Sementara rekor dunia adalah 7 detik.

Hari jumat, gue ke sekolah dengan pede dan tampang bangga-ya-oloh. Mail tertarik dan hari itu juga resmi mail berhasil menyelesaikannya.

Kalo ada diantara kalian yang berfikir rubiks cube itu susah mampus, gak mungkin diselesaikan, cuma pantes dibanting dan sebagainya, gue sarankan untuk nyoba dulu mainan ini. Orang berIQ selevel ayam kek gue aja bisa kok. Selain melatih kreativitas, rubicks juga membantu melatih kesabaran, apalagi kalo lo beli rubiks yang 5000an, yang suka macet-macet.


Ehm, bukan hal yang buruk untuk mengisi waktu luang kan?

Oya, beberapa tambahan,

Fakta menarik tentang rubiks cube yang mungkin harus lo baca
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1000378&highlight=rubik%27s+cube

How to solve rubiks cube (recommended)
part 1
http://www.youtube.com/watch?v=HsQIoPyfQzM
part 2
http://www.youtube.com/watch?v=IW_BBp3FPMQ

sori, bw gak mencukupi buat masang video disini.

Have fun with classic game.

8 comments :

eris said...

yo....link blog gue juga dong, eris68.blogspot.com

penasaran siapa gue? tenang, gue kakak kelas jacussie, bukan orang asing, haha. eris kelas xi ipa 2. thx.

ntar blog lo gue link juga kit

Itulah saya said...

ok. thx.
hehe

ZaN said...

Kit, lo punya id kaskus ga?? Add gw donk... fsk271. Gw mau blajar nge-kaskus nih,,

Itulah saya said...

Okeh, beres bos

Anonymous said...

haha berusahalah u/ dpt menyamai rekor dunia y, kit...

good luck

Prbzt said...

om bangkit,ampe detik ini gua belum ngerti caranye gimane!

eh,beli dimana sih?abang2 dimane?68 mana ada abang2????

pease,sekalian promote blog urab
prabzt.blogspot.com

Itulah saya said...

>wkekekek, susah kron. -_-;

>gampang boy, liat aja tutorialnya di you tube.
http://www.youtube.com/watch?v=HsQIoPyfQzM

Di carefour ato kelapa gading jg banyak
gue beli di kaskus, nih
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1193823&highlight=rubik%27s+cube

Zipeans said...

Yow... Post yang baguss... salam kenal yah.. aku dair blog sebelah...
Blognolsatu

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design