Saturday, August 14, 2010

Pertemuan, dan komik.


Wih, setelah lama ga ngeblog, gue drop semuanya disini sekarang.

Sekolah? been fun.
and will be better, Amen!

Karena kejadian hari2 sebelumnya ga banyak yang spesial (ato gue lupa?) maka gue akan tulis apa yang gue alami hari ini,

Kita mulai dengan sebuah rencana. Rencana kali ini adalah ikut memadati sebuah event yang gue dapat di facebook, yakni pertemuan komunitas Indonesia's sketcher, yang diselenggarakan di museum nasional a.k.a museum gajah. Jam setengah 10, setengah jam sebelum waktunya pertemuan dimulai, gue masih dirumah dengan kolor pendek berkutat di depan komputer, nyari info rute busway mana yang cocok agar cepat sampai di museum gajah.

Jam 10 kurang 5 gue baru berangkat,
Gue masih bingung dengan rute jalur buswaynya. Keputusannya satu, naik metromini.
Waktu itu, gue ingat pergi ke daerah bendungan hilir, dan lewat museum gajah. Gue inget, gue inget lewat jalan sabang, ya, gue inget.
Yang gue ga inget, waktu itu gue naik bus apa?

dengan mengacuhkan fakta bahwa gue mungkin lebih terlambat ato nyasar di pinggiran jakarta. Gue ambil bus P15, entah kenapa gue merasa feeling gue kuat bahwa itu adalah bus yang gue naiki.

Kenyataan : rasa haus dan lapar akan menghasilkan delusi yang berbahaya berupa informasi palsu.

Sebelum bus berangkat, seorang bapak2 duduk di kursi depan gue. Dia membawa tongkat jalan dengan ukiran naga sebagai tumpuan. Dia memakai topi dan memakai baju polo putih layaknya lelaki tua normal, agak gemuk.
Ketika roda bus mulai berputar, dia berbalik ke arah gue dan tiba2 berbicara pada gue,

"gua abis dari pengobatan alternatif di daerah (lupa karena bising kendaraan), tau? Ngantrinya, masya allaah, panjang bener dah, dari semalem gua baru pulang nih pagi gini," sambil melihat jam tangannya

Gue diam sejenak, dia benar2 berbicara pada gue.
Gue menjadi sedikit terkejut karena cara menyebut dirinya dengan "gue" oleh lelaki setengah baya ini. Kalo gue jawab dengan kata "ooh, gitu ya pak? hahaha, GUE juga lagi mau ke daerah situ" entah apa yang bakal ia lakukan dengan tongkatnya. Jadi gue diem dan manggut2.

belum berhenti sampai situ, si bapak ini terus berbicara-lebih tepatnya bercerita.
Gue mendapat kuliah sejarah betawi selama 20 menit, jauh lebih berisi dibanding pelajaran jaman SD.

Tau manga Rurouni Kenshin?
Bayangkan ini versi betawinya.

Si bapak ini (yang gue ngga tau namanya sampe gue turun pun) menceritakan pada gue bahwa dia adalah orang betawi. Gue mencerna bahwa dia orang yang tegas, disiplin dan tidak berbelit2. Kemudian dia menyebut nama2 jagoan betawi masa lampau (golden age) yang katanya tidak mempan ditembak peluru dan jago bermain golok. Dan beberapa nama lain yang tidak tecerna oleh gue karena bisingnya kota.

Kemudian sejarah kelam lainnya dimana jaman dahulu orang betawi yang selalu berkelahi mendapati dirinya sudah beberapa mengambil nyawa orang, PKI dan pemberontak yang mengganggu mereka habis berakhir di sungai ato kali. (Note dari banyak sumber : Jaman PKI dan sebelum era reformasi, pembunuhan itu telah hilang dari standar tabu karena hal itu kerap terjadi. try to googling PETRUS atau penembak misterius)

Gue menelan ludah. Sekarang gue ngerti kenapa kalo FBR (forum betawi rempug) lagi pawai keliling kota, tidak ada orang yang membubarkan.

Waktu gue sibuk menelan ludah, si bapak ini bilang lagi.
"pas gua udah di meja dokter, gua tanya sama dokternye, berape biayenye dok?
1.800.000, buset dah! mahal bener" katanya. Gue ketawa kecil menimpalinya, terus dia menambahkan

"kalo gue masih muda seumuran lo, udah gue hajar tuh dokter! Asal-asalan banget ngasih harga ke orang sakit. Beneran dah." sambil mengacungkan jarinya.

Gue melompat dari jendela bus karena panik.
Enggalah. Maunya sih gitu. gue cuma bisa kicuap.

Selain dari hal yang kelam, ada banyak hal lain yang menarik diceritakan, seperti misalnya masalah wanita.
"wanita sekarang itu sulit, mesti pake uang. Kalo dulu ye, ada ilmunye, namenye balik giring." ucapnya sambil terkekeh

"apa tuh pak?"

Jadi, ibaratnya, kalo si wanita ini memasak, masakannya nanti jadi hangus.
kalo dia nyuci baju, air cuciannya sampe tumpah ruah kemana-mana.

karena di pikirannya cuma ada sang lelaki pemberi nangka. ckckck,

gile. Ada yang jual nangka? Temen gue lagi demen sama kambing tetangga. hehehe,

Anyhow, setelah pertemuan singkat dengan sang babeh betawi itu, dia ngasih tau gue bahwa gue salah naek kendaraan umum kalo mau ke museum nasional. damn -__-
jadi gue turun di (lupa dimana) dan gue naik ojeg sampe ke tempat tujuan sambil melambaikan tangan ke sang bapak. Good story sir, i hope we meet again for another lecture. hehehemm

Note : for the real, gue respect sama si bapak ini, dia ngasih gue banyak hal selama 20 menit, gak sekadar berkelakar omong kosong, pahit manisnya hidup pun dia ceritakan, jadi, gue bukan bermaksud untuk SARA disini, gue hanya memaparkan kembali apa yang gue dengar (with respect, off course) dengan cara pandang gue yang terbilang masih awam dengan tradisi itu.

Pertemuannya menyenangkan!
satu hal yang sangat gue sesalkan hingga detik ini,
gue LUPA bawa sketchbook ke pertemuan Indonesia's Sketcher.
&^&(^%$^**(())(&^%^^(*)_!! *nangis darah di tempat,
Ini kayak lupa bawa cincin pernikahan ke pesta pernikahan.
what a dope

Gila, karma itu nyata.

Gue kira gue sudah telat ketika menginjakan kaki di tempat jam 12, ternyata acaranya ngaret parah dan pas gue dateng mereka baru mau masuk ke hall museum nasional buat pembukaan. Kita duduk bareng membentuk lingkaran besar dan sang admin mulai memperkenalkan diri dan memberi sambutan. sekitar 40 orang lebih hadir disitu. Hampir SEMUA ngebawa sketchbooknya masing2 dalam berbagai ukuran dari a6 sampe a3. cuma gue dan 2 orang lain ga bawa.

admin grup membuka acara dengan terima kasih, lalu kata2 mutiara dan mulai pada penjelasan tentang apa itu sketsa, penerapannya, alat, serta tanya jawab ringan.

dalam 10 menit, suasana tegang yang gue rasakan hilang sekejap ngeliat para anggota grup ini asik nyoret2 sketchbook mereka ketika admin komat-kamit. mereka menggambar apa yang mereka lihat di depan mereka, beberapa diantaranya menggambar gue, beneran, ada yang ngasih isyarat "stay still". tadinya gue mau bergaya seperti patung the thinker, masih memikirkan harga diri, gue mengurungkan niat dan senyum2 (senyum-nista-iri-dengki-kagak-bawa-sketchbook)

Di beberapa orang sebelah admin, ada sepasang cewek kembar yang manis, sulit dipercaya dua2nya suka gambar. Dan mereka masih SMA. gue berfikir, asik juga kalo bikin sketsa mereka,
ide itu dijambret duluan oleh orang sebelah gue, dia asik menggambar mereka berdua (yang mana kedua gadis itu juga lagi gambar), sementara gue cuma pasang muka "bagi kertas pleasee".

Menyenangkan. Itu yang bisa gue sebutkan. Kecuali bagian dimana gue lupa bawa sketchbook (masi belon ihklas)
Ketika gue diambang keterpurukan, seorang bapak yang duduk sebelah gue, setelah kita ngbrol ringan dan gue liat2 sketchbooknya, dia nawarin gue space dan tools buat corat-coret.

Jikalau saja hari ini gue nggak ada jadwal les jam 1 siang, gue akan bilang IYA PAK MAU BANGET AI LAP YU FULL!
Jadi gue cuma bilang, aduh, maaf banget pak, saya ada les.

Sayangnya jam udah menujukkan jam setengah 1, padahal jam 1 kelompok akan dikumpulkan lagi untuk perkenalan diri. Kemudian rencananya acara hari itu adalah keliling museum untuk membuat sketsa benda2 didalamnya dan lingkungan disekitarnya.

*mengumpat keras sambil jedotin pala.

Gue cabut buat bimbel, tapi dengan menyimpan dendam, pertemuan berikutnya, harus bawa sketchbook. Uhuhu~

Ditengah jalan ketika gue masuk halte busway gue ketemu beberapa orang yang hendak menghadiri event yang sama, tau darimana? mereka ngegandeng sketchbook. Ada sedikit hasrat untuk ngerampok sketchbook salah satu dari mereka ditempat dan meninggalkannya terikat di halte busway. khukhukhu,
untung gue lagi puasa.

Tentang komik,
Gue bagai anak kecil di toko mainan ketika menemukan forum Comic di Indowebster. *sujud Syukur
Banyak banget komik yang gue unduh dari sana, gue bagai bandit file, parasit. Semoga gue gak di banned sama admin gara2 kerjaan gue cuma ngisep doang, uhuhuu

Berikut adalah komik2 yang gue intip belakangan ini. Hope you guys like it,

1. gue lagi asik dengan komik baru ini, Walking Dead
yah, Zombie.


Seperti yang dibilang Mr. Krikman, creator komik ini,
"komik jombi yang bagus bukan yang mengisahkan tentang darah, gore, jombi buas memakan daging, tapi menceritakan betapa berantakannya moral ataupun kondisi mental manusia ketika berada di kondisi yang ekstrim dan gak terduga"

Dan kebukti, fak, komik ini keren banget. Fokus komik bukan pada jombi2 yang 'ooouuu-ooouu', tapi sama karakter2 manusianya, ketika semua baik2 aja, tiba2 jagoannya mendapati dirinya bertangan buntung. Karakter lainnya, di saat ga disangka, tau2 ketembak di kepala karena stray bullet, absurd.

Gue ga bisa berhenti mengunduh komik ini terus dan terus sampe sekarang.
de damn thing is, gue udah baca sampe volume 70 dan ternyata komik ini masih ongoing.


2. Wanted

Gue nonton filmnya duluan daripada baca komiknya.
Dan, yah, ini bukan bercerita tentang seorang pangeran naik hati yang memelihara anak burung.
ceritanya tentang assasin yang kerjanya ngebunuh superhero. Kandungan ceritanya sama dengan yang di film, cuma jalan ceritanya berbeda. Entah kenapa gue lebih suka filmnya, mungkin karena karakter di komiknya lebih banyak ngomongin selangkangan, maklum, super villain.

4. Joker


Semua penggemar joker, kalian akan makin menggilai karakter ini ketika membaca komik ini. Artworknya? Jangan ditanya. hmm, 4 out of 5. Kalau aja semua halamannya dibuat dengan pewarnaan dan gaya gambar kayak covernya, gue ga ragu kasih 8 out of 5.


5. Batman Collection

Jagoan bercelana dalam di luar favorit gue.


6. Secret Identity

Bercerita ttg seseorang yang dapetin kekuatan superman entah gimana, ceritanya bukan berfokus disitu. Tapi gimana dia berusaha meloloskan diri dari kejaran FBI CIA dan lembaga keamanan di dunia sepanjang hidupnya karena dia dianggap sebagai ancaman dan bukan jagoan. Ini adalah gambaran nyata yang bakal terjadi jikalau Superman beneran eksis di bumi. Nice story.

Oya, gambar! wkwkwk, ada 2 yang pengen gue posting


Ini gambar temen gue, ghina. tadinya gambar gue yang cuma sketsa badan dan wajah kosong Dan berakhir kayak gini setelah sketchbook gue dipinjem ghina selama 10 menit, gue ngakak tiap kali buka sketchbook dan nemuin ini di front page.

Main2 dengan drawing pen ternyata asik.


dan yang terakhir,
Ah, Ramadhan, bulan penuh ampunan.
Selamat berpuasa untuk semua yang menjalankannya!
Hallo jam pulang sekolah lebih awal!!

4 comments :

Bakkanekko said...

Arrrrgghhhh~~~~ Seger gw baca postingan lo, apalagi pas nyampe font berwarna merah itu wkwkwkwkwkwkw!!! Duuh, asik banget sih lo bisa dateng, sayang banget cuman sebentar ahaha.. gw pikir yang dateng gtuan cuman dikit, gila 40 orang xDD semoga event selanjutnya waktunya gak aneh aneh hahaha~

Itulah saya said...

hoahahaha,
pembaca setia lho :P
thx you kuadrat.


yoa, sayang sekali.
dan masih ga rela. -___-

QILLING BLOG said...

Wah kit, gara-gara lo gua jadi demen nge-download komik nih..

Eh lo baca komik Civil War dari Marvel deh. kereen

Itulah saya said...

@Aqil,

huahaha, itu menyusul qil
gue babat-babatin dulu yang komik2 sebelumnya, baru masuk ke menu utama.

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design