Wednesday, August 3, 2011

Lucid Dream : Introduction


Click for the source


Apaan lagi nih kit? Mimpi basah?
Jaga bicaramu! ini sedang bulan ramadhan! *kesambet jin dakwah

Jadi gini, ehm, Bayangkan, lo lagi berdiri di sebuah padang rumput yang maha luas, yang keliatan cuma batasan antara birunya langit dan hijaunya rumput yang bergoyang. tiba2 lo melihat kuda terbang bermuka sule yang ditunggangi upin dan ipin sambil teriak betulbetulbetul.

Sontak lo bertanya ke diri lo sendiri, "loh, kok gue bisa ada disini??"
Sesaat kemudian lo tersadar, ini adalah mimpi. Alih2 terbangun,
lo malah mulai membayangkan hal-hal, lo menjentikan jari dan sebuah kastil mulai terbangun dengan sendirinya, bata demi bata, diiringi dengan pelangi dan penyihir2 yang beterbangan di sana-sini. Disamping itu, lo bisa menyaksikan hal tersebut sambil duduk dan merasakan angin sepo i2, lembutnya rumput yang lo duduki dan merasakan tegukan pepsi di tenggorokan.

Dan ketika lo terbangun ke dunia nyata, lo merasa sangat puas. You just have a lucid dream experience.



Pendek kata, Lucid dream adalah keadaan dimana lo terbangun di dalam mimpi atau menyadari bahwa lo lagi bermimpi dan dapat mengendalikan mimpi tersebut. And the option to do something in your dream is limitless. I repeat, Limitless.

How cool is that sound?
Lo bisa melakukan apapun dalam mimpi ketika memahami konsep Lucid Dream.
Dari bertarung lawan naga di ketinggian 1000 kaki sampe ngupil bareng komeng, just think. Its your world.

Btw, di dalam lucid dream, kelima panca indera kita bekerja dengan normal. Ini karena kesadaran kita tengah berada di dunia lain, yakni alam bawah sadar. Kesadaran membawa fungsi panca indera dan logika. Dengan kata lain, lo memimpikan es cendol, lo bisa merasakannya. Tapi tidak akan benar2 kenyang karena lo tau ini cuma mimpi.

Masih belum jelas?
Contoh terdekat adalah film Inception besutan Christoper Nolan yang gatau nonton dulu sana. Di situ digambarkan seseorang bisa masuk kedalam mimpi dan mengendalikannya. Mulai dari bikin senjata, ngebangun gedung dan berkomunikasi dengan orang2 yg dibentuk oleh alam bawah sadarnya, lebih jauhnya mereka bisa melakukan dream sharing.

Konsepnya sama. Hanya Lucid dream mengacu pada mimpi Individu (kaga ada dream sharing) dan gapake alat ato obat bius. Its pure your skill.

Tar dulu, tar dulu, Gunanya apa? Daripada mimpiin hal tersebut, mendingan gue mewujudkannya di dunia nyata.
Jadi gini loh. Beberapa hal yg menurut gue dan gue baca menjadi manfaat LD :

1. Lo bisa mengetahui seberapa jauh imajinasi dapat membawa lo.
Pernah ga berfikir, seberapa jauh lo bisa berimajinasi? Melalui Lucid dream, imajinasi yang lo miliki bisa ditembak sampe ke level terabsurd. Yaiyalah, lo ga perlu bisa menggambar naga bercula satu untuk bisa memunculkannya di depan mata. Ga perlu kuliah arsitektur untuk ngebangun monas berdasi dalam sekejap mata. Sejauh yang bisa dipikirkan, pertanyaannya cuma, "seberapa kuat lo punya imajinasi?"

2. Lo bisa tahu potensi apa yang lo miliki
Yap, misal lo suka menciptakan karakter2 yang oke di dalam mimpi, and you find it interesting when you wake up, lo mungkin punya bakat jadi designer. Ato lo ngebayangin sebuah cita rasa yang bakal terwujud ketika satu bumbu bercampur dengan sebuah bahan dan mampu mengecapnya di lidah lo, mungkin lo bisa jadi chef. konyol? tapi ini betulan.

3. Nyari ide
Ketika lo bingung mo gambar apa atau butuh tema dll, buka dream journal (catatan mimpi, required buat awal2 belajar) dan temukan bahwa hal tersebut menarik banget buat diolah. Percaya, bahwa kalo mimpi udah ditulis, ga bakal bisa dilupain. Dan percaya, ga ada yg lebih original ketimbang mimpi punya sendiri.

Bahkan, di level yang lebih tinggi, seseorang bisa minta dibikinin puisi kepada orang2 (alam bawah sadarnya) atau dinyanyikan lagu yg belum pernah ia dengar. Gatau deh kalo judul lagunya "ini mimpi dongo".

4. Memanipulasi alam bawah sadar untuk mengatasi phobia atau menguasai suatu materi
Oke, misalnya gini, lo takut banget sama kecoa. sumpah ini bukan saya
Dalam Lucid Dream, lo bisa memunculkan kecoa dan menghancurkannya pake bom nuklir sambil teriak2 kayak sikopat "HAHAHAHA MAMAM LO GAHAHAHAH!", dan insyaAllah dengan melakukannya secara berkala kalian akan sembuh dari phobia dan bahkan jadi pemburu kecoa ternama.

Konon kalo udah jago, lo bisa mengulas kembali apa yang lo pelajari hari ini tanpa takut kelupaan pas bangun. Caranya, lo ubah kumpulan materi yg lo pelajari hari ini kedalam bentukan file, dan mulai mempelajarinya kembali, di-dalam-mimpi, which is mungkin kumpulan materinya berbentuk seperti gelembung2 yg melayang di udara. Secara pribadi gue akui ini keren banget dan gue berharap bisa ngelakuin itu.

5. Cari tau apa yang paling lo pengen di dunia ini,
Ketika lo sudah memimpikan semua hal yang bisa dilakukan dalam mimpi, disitulah lo nyadar apa yang paling pengen lo wujudkan di dunia nyata.

6. Cari tau karakter dan siapa lo sebenarnya.
Ah gue bingung ngejelasin yang ini, tapi di banyak web dijelaskan bahwa Lucid Dream, adalah gateway to Inner Self. Mungkin ngobrol dengan alam bawah sadar lo bisa memperjelas siapa lo sebenarnya. Entah.

Sound serious, huh?
Gue lebih suka make Lucid Dream buat makan dan minum pas tidur siang di bulan puasa, BUAHAHAHAHAHA. *jangan ditiru

Ah dusta durjana lo kit, emang lo pernah Lucid Dreaming??
.... gue baru ngerasain 2 kali. Ini pun belum ada sebulan gw belajar.

Attempt 1 :
Waktu itu gue lagi tidur siang sendirian di kamar ade gue. Gue mengalami Sleep Paralyze, dari situ gue masuk ke Lucid Dream state. Gue terbangun di kamar yang sama tapi di kasur yang berbeda, gue sadar gue udah di dunia mimpi dan nyoba bernafas lewat hidung yg gw tutup, dan ternyata bisa (ini disebut reality check). Pas gue buka pintu kamar, ada nyokap, lebih muda gitu, pas doi mo ngomong sesuatu, setting tersebut mulai blur. Sebelum gw kehilangan kontrol, gue nyoba untuk berkonsentrasi dan tiba2 gue lagi entah dimana menunggangi sapu terbangnya harpot. Demi dah, sensasi nunggangin sapu dan meluncurnya itu berasa bangetbangetbanget, sayang beberapa detik kemudian gue terbangun.


Attempt 2 :
Di tempat yang sama abis sahur. Masih lewat Sleep paralyze. Bangun di kasur yang berbeda, gue langsung puter badan 3 kali dan tiba2 berada di rumah yg blm pernah gw datangi. Semua orang disana lagi tidur padahal siang, gue mencoba buat terbang dan cuma bisa melayang beberapa cm. Gue ngelakuin lagi beberapa reality check dan makin yakin gw di dalam mimpi. Gue bolak balik tempat itu dan ketemu temen. Endingnya karena gue bosan dengan super dongonya gue lompat dari lantai 3, jatuh terduduk dan saat itu gue bisa benar2 ngerasain sakit di tulang ekor. Namun pas bangun, rasanya cuma kesemutan dikit.

Ingat lagi : kelima panca indera berfungsi normal, dan settingan tempatnya bener2 kayak di dunia nyata.
Nah, bagi yang merasa tertarik dengan konsep Lucid Dream dan ingin nyoba (tenang, waktu latihannya cuma sebelum, saat, dan sesudah tidur kok), kalian boleh mengunjungi link2 dibawah ini, bagi yang tidak tertarik dan merasa dibodohi, atau cukup puas dengan game The Sims 3, feel free to leave.

http://www.consciousdreaming.com/lucid-dreaming/how-to-lucid-dream.htm
http://www.kaskus.us/showpost.php?p=406277088&postcount=8704

(note: to get the first lucid dream, it takes 1 night up to entire life depends on person.)

Sweet Dream!



2 comments :

Sandika Sasmita said...

KEREN!!! Q' dach nyoba 100% berhasil tapi... baru satu kali ):

Bangquito said...

Wahahah, selamat! silakan lanjut gan! :D :D

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design