Wednesday, July 25, 2012

COPEEEEEEEETTTT

Sebagai salah satu penduduk jakarta yang terhitung dewasa karena sudah bisa menggunakan hak pilih, adalah wajar bila gw sudah ngerasain beragam pengalaman diatas angkutan umum jakarta.
Buntut dari 6 tahun desek2an di angkutan umum adalah gue pernah mengalami yang namanya kecopetan atau ketemu copet. Napak tilas kejadian copet-mencopet yang pernah gw alami antara lain :

1. Hape pertama gw, fren, dicomot orang waktu smp.
2. Ridho kecopetan waktu pulang bareng gw pas smp, trus dia nangis *fitnah*.
3. Ade kelas gw kecopetan waktu ke galur bareng gue pas sma.
4. Armand nyaris kecopetan pas pulang bareng gue semasa sma.
5. Gue nyaris kecopetan di metromini pas kelas 3 sma, untung gue lagi bokek.
6. Irma pernah kecopetan di pasar senen, gue di tkp.

Kebanyakan dari peristiwa ini terjadi di angkutan umum.

Nah, tempo hari gue hendak shopping di senen, shopping baju dalam kamus besar bangkit adalah beli beberapa kemeja bekas layak pakai (baru nyadar gua cuma punya 2 kemeja seumur2) buat kuliah. Dengan demikian, untuk menuju senen gue perlu naek metromini P24.

Di tengah jalan inilah gue menemukan sesuatu yang janggal.
2 orang yang mencurigakan masuk bus bersamaan. My spider's sense is tingling. Ngeliat gelagat orang2 ini lebih mencurigakan daripada ababil mau nembak cewek, gue langsung waspada. Bener aja, yang satu duduk di belakang dan yang satu berdiri, dua2nya ngelirik kesana kemari, lirikan maut pembaca majalah stensil.


Bener aja, ketika seorang penumpang hendak turun, si mas2 yang berdiri di depan ini langsung ngegrepe2 tas orang tersebut. Sebuah adegan pencopetan secara langsung. Sangking lihainya, kalah deh ilmu jurus tanpa bayangan kung fu boy.

Gue refleks negor mas2 itu, deg2an, dengan suara yang mati-matian dibuat macho.

"Woi, woi, ngapain tuh!? cium nih" ucap gw sambil nunjuk.

Gue yakin mas2 itu latiannya di kandang buaya, ngasih makan buaya pake tangan kosong langsung ke mulutnya, jadi narik tangannya cepet beudh. Si mas2 langsung kicep, mangsanya cabut.
Satu metromini ngga ada yang nengok. Entah, ga meratiin, atau ga mau terlibat.

"Ngga ngapa2in bang", ucapnya dengan muka lurus. no sweat.
Lazimnya, orang normal kalo digituin akan negor balik, merasa tersinggung, atau dalam beberapa kasus, nempeleng gue. Fix gue yakin doi baru aja hampir nyopet.

Temennya turun saat itu juga. Mas2 tadi tetep duduk biar ga keliatan mencurigakan, tapi jadi sering nengok belakang ngeliatin gue yang terus ngawasin doi.

Sementara itu mas2 di belakang gw nanya "ada apaan mas?". Mas yang satu ini keliatan polos banget. Kumisan, dan logat jawanya kental. Tipe orang yang kalo kakinya keinjek di metromini diem aja. Gue duduk di sebelahnya dan nyeritain apa yang gue liat.

"Kalo ngeliat yang kayak gitu, teriakin aja mas. Jangan takut. Nanti ditolongin yang laen." Ucap gue sok tegar. Gue yang tadinya nyaris pipis dicelana pas ngeliat copet live in action mulai merasa lega dan ngobrol sama si mas2 tadi tentang hidup di angkutan umum.

Ga lama mas2 yg gue ajak ngobrol turun sambil meganing kantong berisi dompetnya erat2, sambil bilang terima kasih seakan gue adalah sesepuh yang telah hidup beribu tahun di jakarta. Beberapa saat kemudian, bapak2 yang duduk di pojok 2 kursi dari gue ngomong.

"itu tadi yang mas ajak ngomong kan temennya copet tadi"

Gue cengok. Seriusan pak?

"Iyalah. Dari gelagatnya aja keliatan, naiknya barengan, makannya tadi dia langsung turun."

MUAHAHAHAHAHAHAH JADI GUE BARU AJA (DENGAN SOTOYNYA) NGAJAK SEORANG COPET UNTUK WASPADA DAN NERIAKIN COPET LAIN.

bego bet dah lo kit. Ketebak 2 ngajak ngobrol 1. Mana tadi gue sempet berdiri di depan tu orang dengan posisi minta dicopet pula. epic fail. Untung dompet gw di dasar terdalam tas.

Ini kasusnya sama kayak di komik Ichi the killer. Ketika seorang hitman sotoy ngasih petuah survive di shizuoka sama orang culun yang ternyata psikopat berkpribadian ganda yang lagi dicari2.

Yang menyebalkan adalah, bapak2 yang duduk di pojok tadi ngeliat kejadian itu dan bilang sama gue seharusnya gue diem aja sampe orang itu pegang dompet, biar bisa ada bukti untuk ditangkap dan digebukin. Asli, doi ngomong kayak gitu. Pernyataan yang menurut gue sangat ngehe.

sama aja kayak : ngeseks aja, nanti kalo hamil kita aborsi.
Gue kaget, sekaligus prihatin. Para pencopet memang kancut, tapi hidung patah bukan jalan keluar untuk menolong mereka balik ke jalan yang lurus. Gue yakin bagi pencopet, digebukin adalah bagian dari pekerjaan, "gua udah babak belur, masa gue ga boleh dapetin duitnya?", akhir bagi mereka adalah digiring ke polisi atau berakhir di tangan rakyat yang merimbakan hukum. Kalo mau nolong copet, kasih kerjaan, kalo masih busuk, penjara, bukan digebukin.

Anyway, seriously. Beberapa hari belakangan gue sempet liat tindak tanduk mencurigakan dari orang2 semacam itu, bukan sekedar kayaknya lho. Entah karena mau lebaran mereka jadi giat demi sepotong baju baru ato gimana gue ga ngerti. Yang jelas, buat temen2 yang rajin naik kendaraan umum, jangan biarkan haus dan lapar membuat kalian lengah. Be alert. Terutama bulan ini.

Oh ya, dalam cerita yang lain. Gue berhasil dapet baju layak pakai di senen, 4 lembar, 2 polo 2 kemeja, sementara itu gue nyaris beli kemeja cewek sangking ga bisa bedain. *miris diketawain mbak2 yg jaga*


3 comments :

nikenukovic said...

kit gue ngakak banget gaboong hahaha

bananakirana said...

Gue dulu waktu smp 3 kali nyaris kecopetan di angkot kit dan kalo ga salah salah satunya lo ada di tkp

Bangquito said...

wkwkwkw thanks ken,

iya apa? waduh lupa bero,

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design