Thursday, February 26, 2015

About good things that happens in the world


Hari itu pagi yang hangat. Matahari masih tertutup gedung baru yang menghalangi sisi timur kamar kosan. Saya sedang duduk melanglangbuana di dunia maya, lalu menemukan gif ini di 9gag. Menyirat senyum sejenak, tetapi ketika mengetahui cerita dibalik cuplikan tersebut, saya hampir menangis. 




Jayden was 5 years old when diagnosed with 4 state of brain tumor. His father, Mike, a professional parkour atlet, giving surprise for him by dressed as Spiderman, Jayden favourite hero, on his last birthday. He raised a fund in order to pay his oldest son's medical cost. Jayden passed away in 2014. 



full video


Beberapa orang yang acuh menyatakan menonton hal-hal berbau kesedihan dan haru seperti ini disebut masturbasi emosi. Istilah yang diartikan sebagai kondisi untuk menyamankan diri sendiri melalui self-inflicted simpati (secara tidak natural) terhadap hal-hal yang nun jauh disana, yang mana menghasilkan rasa damai sejenak untuk bersyukur terhadap hidupnya, lantas melupakan material masturbasinya. Bagi saya, Mike tidak menawarkan hal tersebut, dia hanya ingin orang lain melihat usahanya untuk mengisi hari-hari terakhir jayden. Pengabadian visual ini jauh dari permohonan simpatik yang biasa kita lihat dan ladeni di dunia maya. 

Ada yang perlu ditekankan disini, sebagaimana judul yang saya tautkan diatas, ada hal-hal baik, dan banyak. Saya tidak ingin kedengaran lebih baper lagi, tapi kita semua tahu, tahu benar, bahwa hal-hal ini seringwaktu tidak memiliki porsi besar dalam batin kita. Himbauan untuk saling mengasihi dan berhenti sejenak menghirup hal-hal indah itu sering, dan mudah dilakoni, yang sulit menjaga rasanya tanpa menyaksikan. Sebab kita terharu selama lima menit. Saja. Lalu, kembali pada rutinitas 'Aku' sebelum nanti butuh terharu lagi untuk menjaga pamor sebagai manusia. Seperti orang yang menangis di pemakaman tapi pulang membawa 3 kotak nasi untuk lauk makan malam.

Loh, jadi kemana-mana, maaf bapernya kambuh.
Intinya, bagi saya hal-hal baik tidak minta untuk diperharukan sejenak, tapi untuk diingat, supaya kita juga bisa jadi baik.



https://www.facebook.com/pages/Hope-For-Jayden/211736845617084



Saya bersyukur, Bapak masih hidup ketika saya mulai bisa mengakui beliau sebagai jagoan. Jika ada lomba mirip gatot kaca sejagad, Bapak pasti juara satu, sementara gatot kacanya juara dua. 

No comments: